Saturday, December 31, 2016

test manual

1.    Menurut permendikbud nomor 103  tahun 2014 Rencana Pembelajaran dalam bentuk RPP itu dikembangkan secara rinci mengacu pada …
a.    Silabus, Buku Teks Pelajaran, dan Buku Pengayaan
b.    Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, dan Buku Teks Pelajaran
c.    Silabus, Buku Teks Pelajaran, dan Informasi Aktual Terkini
d.    Silabus, Buku Teks Pelajaran, Dan Buku Panduan Guru

2.    Berikut ini kegiatan yang dilakukan guru pada saat siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya, kecuali :
a.    Menyerahkan sepenuhnya kepada siswa tentang jalannya presentasi hasil  penemuan
b.    Memandu jalannya presentasi hasil  penemuan dan memberikan umpan balik
c.    Memandu jalannya presentasi hasil  penemuan dan melemparkan ke kelompok lain untuk menajwab
d.    Memberikan simpulan tentang hasil  presentasi kelompok yang  maju

3.    RPP disusun guru berdasarkan silabus sebagai terjemahan dari ide kurikulum ke dalam bentuk rancangan proses pembelajaran untuk direalisasikan dalam pembelajaran. sesuai dengan karakteristik kurikulum 2013, maka ….
a.    Indikator dikembangkan untuk seluruh KD, baik KD yang  dikembangkan dari  KI-1, KI-2, KI-3 maupun KI-4
b.    Materi pokok yang  dikembangkan pada RPP meliputi materi tentang seluruh KD, baik KD dari  KI-1, KI-2, KI-3 maupun KI-4
c.    RPP dirancang berpusat pada peserta didik dengan tetap mempertimbangkan kondisi di satuan pendidikan
d.    Kegiatan inti pada RPP dikembangkan secara terpadu meliputi: eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi, serta mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengolah dan mengkomunikasikan.

4.    Pemilihan fokus sikap yang akan ditumbuhkan atau dikembangkan dapat dipertimbangkan atas dasar minimal tiga hal, kecuali … .
a.    Kesesuaiannya dengan muatan KD pengetahuan dan KD keterampilan yang  dipelajari bersamaaan dengan ditumbuhkan/dikembangkannya sikap tersebut,
b.    Kesesuaiannya dengan skenario kegiatan pembelajaran yang  akan diterapkan atau dilaksanakan,
c.    Visi dan atau misi sekolah, khususnya terkait pengembangan karakter warga sekolah yang  akan diwujudkan.
d.    Kondisi  dan norma-norma yang  berlaku di mansyarakat sekitar

5.    Seorang guru merancang pembelajaran suatu KD tertentu. Berikut merupakan komponen materi ajar yang harus disiapkan, kecuali ….
a.    Materi prasyarat
b.    Materi regular
c.    Materi pengayaan
d.    Materi remedial

6.    Diantara pernyataan berikut ini yang tidak tepat adalah … .
a.    Dalam kegiatan inti, guru merancang pembelajaran matematika yang  membuat siswa interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, berpartisipasi aktif
b.    Rancangan pembelajaran yang  disusun guru dikembangkan secara rinci dari  materi pokok yang  mengacu pada silabus sebagai terjemahan dari ide kurikulum, RPP yang  dirancang guru mengutamakan proses pembelajaran pada penyelesaian soal-soal ujian  nasional
c.    Upaya yang  dilakukan guru dalam menyusun rancangan pembelajaran adalah dengan cara menerapkan berbagai macam strategi dan pendekatan pembelajaran untuk memfasilitasi proses pembelajaran yang  interaktif.
d.    Rancangan pembelajaran yang  disusun guru dalam bentuk RPP merupakan pedoman dalam proses pembelajaran

7.    Seorang guru merancang kegiatan pembelajaran KD tertentu. Kegiatan guru yang harus dilaksanakan pada kegiatan penutup, kecuali ….
a.    Melakukan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran yang  telah dilaksanakan
b.    Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil  pembelajaran
c.    Menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang  akan digunakan
d.    Merencanakan pembelajaran pada pertemuan berikutnya

8.    Tempat pertama bersemainya bibit sikap (spiritual dan sosial), pengetahuan, dan keterampilan peserta didik adalah … .
a.    Sekolah
b.    Tempat ibadah
c.    Keluarga
d.    Lingkungan

9.    Seorang guru merancang pembelajaran suatu KD tertentu. Hal-hal yang harus disiapkan guru pada kegiatan penutup, kecuali ...
a.    Menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang  akan digunakan
b.    Melakukan reôeksi terhadap kegiatan yang  sudah dilaksanakan
c.    Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil  pembelajaran
d.    Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya

10.    Salah satu kompetensi dasar (KD) matematika kelas viii adalah“memahami teknik penyajian data dua variabel menggunakan tabel, grafik batang, diagram lingkaran, dan graók garis dengan komputer serta menganalisis hubungan antar variabel”. Rumusan tujuan pembelajaran yang paling sesuai dengan KD di atas adalah …
a.    Siswa dapat memahami penyajian data menggunakan tabel atau diagram
b.    Siswa mampu menjelaskan cara membaca dan menyajikan data dalam bentuk tabel dan diagram garis  dengan benar
c.    Siswa mampu menganalisa tabel atau diagram dengan tepat
d.    Siswa dapat menggambar diagram untuk mengomunikasikan informasi dengan benar

11.    Menurut peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan atau permendikbud nomor 103 tahun 2014, pembelajaran adalah proses interaksi antar siswa dan antara siswa dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar, sedangkan rencana pelaksanaan pembelajaran, selanjutnya disebut dengan RPP, adalah rencana pembelajaran yang dikembangkan mengacu pada silabus  . Dalam hal ini silabus dikembangkan oleh … .
a.    Pemerintah pusat
b.    Pemerintah daerah
c.    Sekolah
d.    Guru

12.    Seorang guru merancang kegiatan pembelajaran KD tertentu. Kegiatan guru yang harus dilaksanakan pada kegiatan pendahuluan adalah ….
a.    Melakukan tes  dengan topik   seperti topik  yang  akan dipelajari
b.    Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil  pembelajaran
c.    Menyampaikan garis  besar kegiatan yang  akan dilakukan
d.    Merencanakan pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

13.    Kegiatan inti yang dilakukan guru dalam pembelajaran dengan pendekatan saintifik adalah mengajak siswa untuk …
a.    Mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, mengomunikasikan
b.    Mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mencoba, mengomunikasikan
c.    Mengamati, menanya, menalar, mengasosiasi, mengomunikasikan
d.    Mengamati, menanya, mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mengomunikasikan.

14.    Sebagai guru matematika, pak hanif akan menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran. Untuk dapat menyusun RPP dengan baik pak hanif harus memperhatikan prinsip-prinsip penyusunan RPP. Berikut ini adalah beberapa prinsip penyusunan RPP, kecuali …
a.    Memperhatikan perbedaan individu peserta didik
b.    Berpusat pada peserta didik
c.    Memuat langkah-langkah pembelajaran melalui tahapan pendahuluan, inti, dan penutup
d.    Mengembangkan kemandirian belajar

15.    RPP disusun guru berdasarkan silabus sebagai terjemahan dari ide kurikulum ke dalam bentuk rancangan proses pembelajaran untuk direalisasikan dalam pembelajaran. Sesuai dengan karakteristik kurikulum 2013, maka ….
a.    Indikator dikembangkan untuk seluruh KD, baik KD yang  dikembangkan dari  KI-1, KI-2, Ki-3 maupun KI-4
b.    Materi pokok yang  dikembangkan pada RPP meliputi materi tentang seluruh KD, baik KD dari  Ki-1, Ki-2, KI-3 maupun KI-4
c.    Pp dirancang berpusat pada peserta didik dengan tetap mempertimbangkan kondisi di satuan pendidikan
d.    Kegiatan inti pada RPP dikembangkan secara terpadu meliputi: eksplorasi, elaborasi, dan konórmasi, serta mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengolah dan mengkomunikasikan.

16.    Berikut ini kegiatan yang dilakukan guru apda saat siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya, kecuali :
a.    Menyerahkan sepenuhnya kepada siswa tentang jalannya presentasi hasil  penemuan
b.    Memandu jalannya presentasi hasil  penemuan dan memberikan umpan balik
c.    Memandu jalannya presentasi hasil  penemuan dan melemparkan ke kelompok lain untuk menajwab
d.    Memberikan simpulan tentang hasil  presentasi kelompok yang  maju.

17.    Kegiatan yang dilakukan guru pada saat siswa berdiskusi di kelompoknya masing-masing untuk menemukan rumus luas  permukaan tabung adalah …
a.    Memperhatikan langkah-langkah kegiatan penemuan yang  dilakukan siswa dan meminta siswa menyelesaikan kesulitan yang  dihadapi
b.    Memimpin jalannya diskusi kelompok dalam kegiatan penemuan dan membimbing siswa yang  mengalami kesulitan
c.    Memandu jalannya diskusi kelompok dalam kegiatan penemuan dan meminta siswa menyelesaikan kesulitan yang  dihadapi.
d.    Memberikan pengarahan tentang langkah-langkah kegiatan penemuan serta membimbing siswa yang  mengalami kesulitan

18.    Setiap awal semester atau awal tahun pelajaran bu nila mengembangkan RPP dengan maksud agar RPP telah tersedia terlebih dahulu dalam setiap awal pelaksanaan pembelajaran. Langkah-langkah penyusunan RPP adalah ...
a.    Pengkajian silabus, perumusan indikator pencapaian KD, materi pembelajaran, penjabaran kegiatan pembelajaran, penentuan alokasi waktu, pengembangan penilaian pembelajaran, menentukan strategi pembelajaran remedial, menentukan media, alat,  bahan dan sumber belajar
b.    Pengkajian silabus, mengidentiókasi materi pembelajaran, merumuskan indikator, mengembangkan kegiatan pembelajaran, penilaian, alokasi waktu, menentukan media, alat,  bahan dan sumber belajar
c.    Pengkajian silabus, mengembangkan kegiatan pembelajaran, merumuskan indikator, mengidentiókasi materi pembelajaran, penilaian, alokasi waktu,menentukan media, alat,  bahan dan sumber belajar
d.    Pengkajian silabus, merumuskan indikator, tujuan pembelajaran, mengidentiókasi materi pembelajaran, mengembangkan kegiatan pembelajaran, penilaian, alokasi waktu, menentukan media, alat,  bahan dan sumber belajar

19.    Pak Bambang sedang menyusun RPP untuk KD-KD berikut:
1)    KD 1.1.   Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2)    KD 2.3.   Menunjukkan sikap bertanggung jawab, rasa ingin tahu, jujur dan perilaku peduli lingkungan
3)    KD 3.6.   Mendeskripsikan daerah asal, daerah kawan, dan daerah hasil suatu relasi antara dua himpunan yang disajikan dalam berbagai bentuk(grafik, himpunan pasangan terurut, atau ekspresi simbolik)
4)    KD 4.7.   Menerapkan daerah asal, dan daerah hasil fungsi dalam menyelesaikan masalah

Rumusan beberapa indikator yang dibuat pak Bambangi dari KD 1.1, KD 2.3, KD 3.6 dan KD 4.7 secara berurutan sebagai berikut:
1)    Mensyukuri kebesaran tuhan dengan adanya aturan relasi yang dapat mempermudah kehidupan manusia
2)    Menunjukkan sikap bertanggung jawab dan perilaku peduli lingkungan
3)    Menentukan daerah asal, kawan, dan daerah hasil
4)    Menyatakan sebuah relasi dengan diagram panah, himpunan pasangan berurutan, dan diagram venn

Rumusan indikator yang tidak sesuai dengan KD diatas adalah ...
a.    4
b.    3
c.    2
d.    1

This Is The Newest Post